Rabu, 28 Juli 2021

[PDF] Jimly Asshiddiqie - Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jilid 2


Detail Informasi

Judul Buku: Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jilid 2

Pengarang: Jimly Asshiddiqie

Tahun Terbit: 2006

Penerbit: Sekretaris Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI

Genre: Ilmu Pengetahuan

Bahasa: Indonesia

Tebal Ebook: 127 Halaman

Ukuran: 1.3 MB

Format: pdf


Blurb

Terdapat tiga hal yang melatarbelakangi penulisan buku ini.

Pertama, dunia pustaka di tanah air sangat miskin dengan buku-buku yang berisi informasi yang luas dan mendalam dengan perspektif yang bersifat alternatif. Informasi dan hasil analisis kritis mengenai berbagai soal dalam bidang ilmu hukum tata negara dalam buku ini merupakan alternatif pilihan terhadap semua buku dan karya yang sudah ada selama ini.

Kadang-kadang buku-buku yang tersedia hanyalah buku yang berisi kumpulan peraturan perundang-undangan di bidang politik dan ketatanegaraan dengan tambahan komentar dan catatan yang serba sumir, tanpa kedalaman analisis dengan berbasis teori-teori yang telah berkembang pesat di lingkungan negara-negara maju.

Oleh karena itu, buku dengan kedalaman pengertian tentang berbagai aspek ilmiah tentang hukum tata negara sungguh diperlukan.

Kedua, dari segi jumlahnya, buku-buku yang tersedia di perpustakaan dan di toko buku juga sangat terbatas. Oleh sebab itu, dibutuhkan lebih banyak buku untuk mendorong peningkatan pengkajian-pengkajian yang lebih intensif oleh para mahasiswa dan peminat masalah ketatanegaraan.

Budaya baca di kalangan masyarakat kita sangatlah lemah, dan demikian pula budaya menulis juga sangat terbatas, apalagi untuk menjadi penulis buku-buku yang bermutu. Menjadi penulis yang baik saja pun sekarang ini belumlah dapat dijadikan andalan untuk hidup. Karena tidak ada orang yang mampu hidup hanya dengan mengandalkan kemampuan menulis.

Oleh karena itu, buku yang bermutu juga menjadi sangat kurang jumlahnya. Kata kuncinya tidak lain adalah bahwa konsumen dan konsumsi buku di masyarakat kita masih sangat tipis jumlahnya, sehingga tidak dapat menggerakkan roda industri buku untuk dapat tumbuh sehat.

Untuk itu, sebagai seorang guru dalam pendidikan hukum yang kebetulan mendapat kepercayaan menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, di tengah kesibukan kerja sehari-hari, saya merasa bertanggungjawab secara moral untuk terus menulis buku untuk kepentingan mahasiswa dan masyarakat peminat lainnya.

Ketiga, perkembangan ketatanegaraan Indonesia sendiri sesudah terjadinya reformasi nasional sejak tahun 1998 yang kemudian diikuti oleh terjadinya Perubahan UUD 1945 secara sangat mendasar sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 1999, 2000, 2001, dan 2002, telah mengubah secara mendasar pula cetak biru (blue-print) ketatanegaraan Indonesia di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, diperlukan banyak buku baru yang dapat menggambarkan perspektif-perspektif baru itu, tidak saja di dunia teori, tetapi juga di bidang hukum positif yang sekarang berlaku.


Silakan Download Buku Jimly Asshiddiqie - Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jilid 2

KLIK DI SINI


Semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Semua orang tanpa terkecuali. Kamu dan aku adalah salah satunya. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membaca buku yang dia inginkan. Semoga Pustakaindo bisa menjadi alternatif untuk itu semua. Namun, jika suatu waktu kita sudah memiliki uang untuk membeli buku asli dari penulis, mari kita beli buku itu di toko buku kesayangan kita ya. Karena bagaimana pun kita akan merasa lebih puas jika membaca buku aslinya. Ebook ini gratis dan kami tidak memungut biaya apapun. Buku tak sepantasnya dikomersialisasi.

Selamat mengunduh Buku Jimly Asshiddiqie - Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jilid 2. Kamu dapat mengunduh dan menikmati ebook lainnya di Pustakaindo. Jika ada masalah terkait proses pengunduhan dapat cantumkan komentarmu di kolom komentar yang tersedia. Jika ada kritik, saran maupun hal lainnya silakan hubungi kami di kolom kontak. Selamat menikmati.


Kesulitan mengunduh? Mari lihat caranya DI SINI

0 komentar

Posting Komentar