Selasa, 10 Agustus 2021

[PDF] Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)


Detail Informasi

Judul Buku: Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Pengarang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tahun Terbit: 2016

Penerbit: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Genre: Horor

Bahasa: Indonesia

Tebal Ebook: 92 Halaman

Ukuran: 5.6 MB

Format: pdf


Blurb

Penyempurnaan terhadap ejaan bahasa Indonesia telah dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyempurnaan tersebut menghasilkan naskah yang pada tahun 2015 telah ditetapkan menjadi Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Ditinjau dari sejarah penyusunannya, sejak peraturan ejaan bahasa Melayu dengan huruf Latin ditetapkan pada tahun 1901 berdasarkan rancangan Ch. A. van Ophuijsen dengan bantuan Engku Nawawi gelar Soetan Ma'moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim, telah dilakukan penyempurnaan ejaan dalam berbagai namadan bentuk.

Pada tahun 1938, pada Kongres Bahasa Indonesia yang pertama di Solo, disarankan agar ejaan Indonesia lebih banyak diinternasionalkan. Pada tahun 1947 Soewandi, Menteri Pengajaran, Pen-didikan, dan Kebudayaan pada masa itu, menetapkan dalam surat keputusannya tanggal 19 Maret 1947, No. 264/Bhg.A bahwa perubahan ejaan bahasa Indonesia dengan maksud membuat ejaan yang berlaku menjadi lebih sederhana.

Ejaan baru itu oleh masyarakat diberi julukan Ejaan Republik.

Kongres Bahasa Indonesia Kedua, yang diprakarsai Menteri Moehammad Yamin, diselenggarakan di Medan pada tahun 1954. Kongres itu mengambil keputusan supaya ada badan yang menyusun peraturan ejaan yang praktis bagi bahasa Indonesia.

Panitia yang dimaksud yang dibentuk oleh Menteri Pengajaran, Pendidikan dan Kebudayaan dengan surat keputusannya tanggal 19 Juli 1956, No. 44876/S, berhasil merumuskan patokan-patokan baru pada tahun 1957.


Silakan Download Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

KLIK DI SINI


Semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Semua orang tanpa terkecuali. Kamu dan aku adalah salah satunya. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membaca buku yang dia inginkan. Semoga Pustakaindo bisa menjadi alternatif untuk itu semua. Namun, jika suatu waktu kita sudah memiliki uang untuk membeli buku asli dari penulis, mari kita beli buku itu di toko buku kesayangan kita ya. Karena bagaimana pun kita akan merasa lebih puas jika membaca buku aslinya. Ebook ini gratis dan kami tidak memungut biaya apapun. Buku tak sepantasnya dikomersialisasi.

Selamat mengunduh Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kamu dapat mengunduh dan menikmati ebook lainnya di Pustakaindo. Jika ada masalah terkait proses pengunduhan dapat cantumkan komentarmu di kolom komentar yang tersedia. Jika ada kritik, saran maupun hal lainnya silakan hubungi kami di kolom kontak. Selamat menikmati.


Kesulitan mengunduh? Mari lihat caranya DI SINI

0 komentar

Posting Komentar